Headlines
Loading...
Melihat Pembuatan Penahan Tanah di Pelosok Maluku

Melihat Pembuatan Penahan Tanah di Pelosok Maluku

 
Anggota DPR RI Saadiah Uluputty Fraksi PKS Dapil Maluku, dalam tugas dan fungsi pengawasan anggota DPR RI, menyapa para pekerja di Spot jalan Waipia, Seram Utara.

Aktifitas yang dilakukan pekerja adalah membuat saluran-saluran dan juga menanam pohon dengan teknologi panahan tanah dengan vegetasi tanaman, ini berfungsi untuk mencegah tanah longsor karna posisi tanah tersebut di atas tebing. 
Sebelum penanaman pohon tanah di pupuk terlebih dulu dengan campuran lainnya, tanaman berupa rumput kacang-kacangan. Buah dari rumput kacang-kacangan ini tidak untuk di konsumsi.

Ada 3 jenis bibit  kacang-kacangan yang di ambil dari Jawa, bibit tersebut di berikan tanah, pupuk organik dan lem untuk memperkuat tanamannya sehinggah bertahan dan tidak jatuh  kemudian di teplok, langsung di semai kedalam tanah, dua minggu tanaman tersebut sudah bertumbuh. Cara Ini juga dapat berfungsi sebagai roboisasi. 

Perlu diketahui bibit yang digunakan harganya cukup ekonomis. 

Jika sudah tertanam dan tumbuh penahan tanah ini dapat dilihat seperti pemandangan lukisan alam warna-warni yang enak di lihat.
Di Maluku sudah beberapa daerah yang melakukan teknik vegetasi tanaman selain di daerah Waipia ini, yaitu di gunung Piru, Tehoru dll.

Kondisi hujan saat ini Teknik penahan tanah mampu meredamkan kekhawatiran banjir dan longsor. 

 _Menjaga kelesatrian hutan, berarti merawat kepedulian._




Saadiah Uluputty adalah Srikandi Maluku yg menginspirasi serta pejuang Aspirasi Rakyat Maluku di Senayan.

0 Comments: