Headlines
Loading...
Menengok Potensi Perikanan di Kota Daeng

Menengok Potensi Perikanan di Kota Daeng

Tepat hari ini, bersama rombongan komisi IV DPR RI , dengan menggunakan maskapai  GARUDA kami melaksanakan tugas ke Makkasar kota angin Mamiri. 

Sampai di Makassar kami di jemput Kepala Balai Besar Karantina ikan, Pengendalian Mutu dan Hasil Perikanan ( BKIPM). Juga turut hadir Dirjen Budidaya ikan dan Dirjen PDKSP Kementrian Perikanan dan Kelautan.
Inilah kota Makassar yang sering di kenal dengan aroma cotonya yang khas, dari sinilah nama coto Makassar di kenal dimana-mana. Begitu masuk langsung tercium coto Makassar, aroma yang menarik selera dan mencuri perhatian. Tepat waktunya sarapan, kami mengawali pertemuan dengan menyantap coto Makassar. 
Potensi lestari sumber daya ikan laut Indonesia diperkirakan sebesar 12,54 juta ton per tahun yang tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE)
 _(www.kompas.com)_ 

Menurut pemaparan ketua BKIPM ibu Siti Khodijah ekspor komoditas perikanan dari Sulawesi Selatan (Sulsel) meningkat 8,5% pada Juli 2021. Hal tersebut berkat dukungan layanan prima dari Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).
Volume ekspor pada Juli 2021 sebanyak 14.053 ton. Jumlah ini lebih tinggi dibanding Juli 2020 sebesar 12.958 ton.
Khadidjah menyebut jajarannya akan terus memberikan pelayanan dan kemudahan kepada para pelaku usaha. Sejumlah langkah yang dilakukan diantaranya ialah jemput bola dan memberikan jaminan mutu dan kemanan hasil yang lebih optimal. 

Ekspor komoditas perikanan dari Sulawesi Selatan masih didominasi rumput laut kering. Porsi ekspor komoditas ini mencapai 82,9% dan produk turunan rumput laut berupa karaginan sebesar 8,6% dari total volume ekspor komoditas perikanan Sulawesi Selatan.
Selain rumput laut, komoditas lain yang juga menjadi andalan Sulawesi Selatan di bulan Juli 2021 adalah udang vaname sebesar 2,4%, gurita sebesar 1,6% dan tuna sebesar 1,0%.

Peran Balai Besar KIPM Makassar untuk menjaga produk perikanan Sulawe
Peran Balai Besar KIPM Makassar untuk menjaga produk perikanan Sulawesi Selatan dalam pemenuhan persyaratan impor negara tujuan sangat penting dalam meningkatkan volume ekspor.
Khadidjah berharap, peningkatan ekspor ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi Sulawesi Selatan. Dengan begitu, kesejahteraan nelayan dan masyarakat kelautan dan perikanan di Sulawesi Selatan juga turut terangkat.

"Semoga dengan meningkatnya volume ekspor komoditas perikanan berpengaruh positif pula terhadap kesejahteraan petani dan nelayan di Sulawesi Selatan".

Ambon, 19 Februari 2022
Anggota DPR RI Dapil Maluku, Saadiah Uluputty.

Saadiah Uluputty adalah Srikandi Maluku yg menginspirasi serta pejuang Aspirasi Rakyat Maluku di Senayan.

0 Comments: