Headlines
Loading...
RESES KE SERAM SELATAN DAN SERAM TIMUR, SAADIAH ULUPUTTY DAPAT KELUHAN DARI PETANI SOAL RIBUAN POHON CENGKEH YANG MATI.

RESES KE SERAM SELATAN DAN SERAM TIMUR, SAADIAH ULUPUTTY DAPAT KELUHAN DARI PETANI SOAL RIBUAN POHON CENGKEH YANG MATI.

Ambon 26/10/2022. Petani cengkeh di seram selatan keluhkan masalah pohon-pohon cengkeh mereka yang mati kepada Anggota DPR RI Saadiah Uluputty, hal ini di sampaikan saat beliau melakukan kunjungan kerja ke Seram Selatan dan Seram Timur bersama rombongan Kementerian Pertanian RI (24/10/2022)
Seperti yang kita ketahui bahwa cengkeh merupakan komoditas lokal Maluku yang sangat banyak di tananam oleh para petani di Pulau Seram terkhususnya di Seram Selatan , adanya permasalahan ini tentu saja membuat para petani mulai merasa kesulitan apalagi masalahnya semakin runyam, dengan beberapa tahun terakhir ini hasil panen yang tidak menentu.
“Bagi saya ini merupakan hal sangat serius, cengkeh dan pala adalah komoditas yang begitu penting bagi kelangsungan hidup para petani di Maluku teutama di daerah Seram Selatan. Selain ikan, cengkeh merupakan sumber penghasilan utama bagi masyarakat di kawasan tersebut, sehingga perlu ada keseriusan dari BPTP, Dinas Pertanian  dan Kementerian Pertanian untuk bisa segera mengkaji dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut” Sebut Saadiah Uluputty
Saadiah juga menambahkan bahwa pada beberapa tahun terakhir ini, penghasilan para petani cengkeh di daerah Seram dan juga Seram Selatan cukup rendah. Padahal sebelumnya pulau seram terutama seram selatan merupakan daerah yang kaya akan cengkeh. Rendahnya hasil panen di karenakan masalah hama dan juga masalah perubahan cuaca yang semakin tidak menentu.
Untuk menangani hama, para petani sudah melakukan penangganan hama  secara tradisional tapi penyebarannya masih saja terjadi, bahkan lebih cepat, hal ini di perparah dengan suhu panas yang tinggi di daerah tersebut sehingga membuat pohon cengkeh layu dan bahkan mati.
Hal inilah yang membuat hasil panen petani cengkeh di Seram Selatan ini menurun, selain itu penurunan hasil panen petani cengkeh tidak dibarangi dengan harga cengkeh naik, tapi malah sebaliknya harga cengkeh  kadang tidak menentu dan bahkan kadang kala mengalami penurunan, untuk itu maka perlu ada perhatian khusus dari Dinas Pertanian provinsi Maluku juga Kementerian Pertanian untuk para petani kita di Maluku, terkhususnya petani di Seram Selatan.

Pemerintah harus  bergerak untuk melakukan pendampingan terhadap petani cengkeh dalam menangani masalah hama tersebut dengan cara Penanganan Hama Terpadu (PHT) dalam upaya tersebut juga pemerintah harus memperhatikan penanganan masalah hama dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. Para petani di Seram Selatan sangat membutuhkan hal tersebut. Tegas beliau

Saadiah Uluputty adalah Srikandi Maluku yg menginspirasi serta pejuang Aspirasi Rakyat Maluku di Senayan.

0 Comments: