Headlines
Loading...
Tingkatkan produktivitas perikanan Nelayan BURSEL, Uluputty gandeng direktur pembiayaan dan investasi Kementerian Perikanan RI

Tingkatkan produktivitas perikanan Nelayan BURSEL, Uluputty gandeng direktur pembiayaan dan investasi Kementerian Perikanan RI

Anggota Komisi IV DPR RI fraksi PKS, Saadiah Uluputty, dalam kunjungan dapilnya ke Desa Pasir Putih Kecamatan Kapala Mada. Kabupaten Buru Selatan. Jumat (11/11/2022). Menggandeng direktur pembiayaan dan investasi Kementerian Perikanan RI, serta turut mengajak kepala BRI unit Buru Selatan. 

Perhatian Uluputty terhadap pemanfaatan hasil sumber laut nelayan di Maluku, diwujudkan dengan menggelar Bimbingan Teknologi (Bimtek) dengan tema, Akses Pembiayaan Usaha Kelautan dan Perikanan. Mengingat pentingnya akses pembiayaan bagi masyarakat nelayan di Maluku, terkhususnya untuk masyarakat nelayan di Desa Pasir Putih.

"Bimbingan Teknis Akses Pembiayaan Usaha Kelautan dan Perikanan  ini bertujuan memberikan informasi akses permodalan dari pihak pemodal, dalam hal ini dunia perbankan atau stakeholder lainnya untuk bisa berkolaborasi dengan nelayan, dengan fasilitas akses permodalan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas produk hasil perikanan yang berdaya saing,” ujar Uluputty.


Perlu diketahui pemerintah memberdayakan nelayan kecil dan pembudidaya-ikan kecil melalui penyediaan skim kredit bagi nelayan kecil dan pembudi daya-ikan kecil, baik untuk modal usaha maupun biaya operasional dengan cara yang mudah, bunga pinjaman yang rendah, dan sesuai dengan kemampuan nelayan kecil dan pembudidaya ikan kecil.
 Hal ini dilihat Uluputty sebagai peluang bagi nelayan di Maluku.

Selain BIMTEK Uluputty juga menyerap beberapa aspirasi masyarakat Desa Pasir Putih, Kecamatan Kapala Mada, Kabupaten Buru Selatan. Beberapa hal yang menjadi permasalahan masyarakat nelayan di kawasan tersebut adalah masalah akses PLN, air bersih, bantuan sarana prasarana nelayan, sulit serta mahalnya harga BBM bagi nelayan, serta Bantuan Koperasi bagi masyarakat di sana.

“Kami tentu saja sangat  memperhatikan dan akan selalu mengawal aspirasi bapak, ibu semua, suara-suara bapak, ibu ini juga selalu menjadi acuan dan data bagi saya untuk bisa disampaikan  ketika ada di parlemen juga ketika ada kunjungan ke Kementerian serta pemerintah, begitulah salah satu tugas saya sebagai wakil bapak/ibu semua” Tegas Uluputty.

0 Comments: